Tuesday 25 February 2020

Wisata Khusus Pekanbaru

Hey kamu yang hobi liburan, kami menyediakan beberapa rekomendasi tempat wisata untuk kalian nikmati bersama keluarga atau pasangan kamu. Bukannya terasa tidak lengkap tu bagi kamu pergi liburan tapi gak tau tempat wisata kota yang kamu ingin kunjungi. Kali ini, kami menyediakan informasi untuk kota pekanbaru yang terupdate saat ini...

1. Taj Mahal Pekanbaru (Masjid Agung An-Nur) 
Image result for masjid agung pekanbaru
Pernah gak sih kamu berfikir untuk melihat Taj Mahal yang berada di India? jika kamu belum berkesempatan untuk pergi kesana jangan khawatir, di Pekanbaru juga ada kok yang mirip dengan Taj Mahal di India yaitu Masjid Agung An Nur. Masjid Agung An Nur ini dijuluki sebagai Taj Mahalnya Riau yang berada di Pekanbaru karena keindahan masjidnya yang menakjubkan.   
Dari tampak depan, masjid ini memang menyerupai Taj Mahal dengan area kolam di halamannya. Masjid ini menggunakan empat gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India. Masjid yang didirikan pada tanggal 19 Oktober 1968 ini menjadi objek wisata wajib untuk kamu kunjungi ketika kamu berada di kota pekanbaru.

2. Negeri Bunga Impian (Taman Bunga Okura)

Hasil gambar untuk kebun okura pekanbaru
Belum lengkap liburan kamu di Pekanbaru jika belum mampir ke tempat wisata yang satu ini.
Taman Bunga Okura ini adalah destinasi cantik di Pekanbaru yang kini sedang jadi buah bibir traveler. Dilengkapi aneka bunga-bunga cantik, destinasi yang berlokasi di Desa Okura, Kecamatan Rumbai ini banyak didatangi wisatawan bahkan kini sudah dikunjungi oleh ribuan orang dari berbagai penjuru.
Taman bunga ini dibuat oleh pemuda desa dengan memanfaatkan 2 hektar lahan kosong di tepian sungai Siak dengan menanam beragam jenis bunga. Seperti bunga matahari, bunga jengger ayam yang berwarna merah, hingga bunga kancing baju berwarna ungu. Bentuknya kian indah dengan pola lambang cinta dan bentuk-bentuk menarik lainnya.
Diketahui, taman bunga ini digagas sejak April 2017 yang lalu dengan modal yang tidak banyak, karena memanfaatkan bibit bunga dari warga sekitar dan pupuk kandang peternakan warga sekitar. Jika ingin mengunjungi taman bunga cantik di Pekanbaru ini Anda harus menempuh jarak sekitar 30 menit saja dari pusat kota.

3. Pasar Bawah Pekanbaru
 Hasil gambar untuk pasar bawah pekanbaru
 Nah sekarang kita ke Objek wisata belanja Pasar Bawah Pekanbaru.
Pasar Bawah memenangkan kategori obyek wisata belanja terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017. Gedung pasar ini punya banyak oleh-oleh untuk kamu jadikan hadiah etelah berkunjung ke Pekanbaru. Nama Pasar Bawah diberikan oleh masyarakat Pekanbaru, karena pasar ini terletak di bagian bawah (dekat pinggiran Sungai Siak) yang konturnya lebih rendah.
nah apa aja sih yang ada di pasar bawah Pekanbaru, kami akan menjelaskan kepada setiap lantai ni agar kamu tau cept sampai ke tempat oleh-oleh yang kamu inginkan

Lantai Basement
Turun melalui tangga dari parkiran, kamu akan berasa di latai dasar atau basement dari gedung pasar bawah pekanbaru. Disini erdapat berbagai jenis cemilan khas melayu yang bisa kamu jadikan oleh-oleh di bawa ulang nanti. Selain itu terdapat juga penjual kaos khas Pekanbaru yang akan kamu lihat di sekitar situ.
Nah jika kamu berjalaan masuk lebih dalam lagi kamu akan melihat beberapa penjahit yang berada di situ, penjahit ini menjual bahan-bahan baju khas melayu, kamu juga bisa minta jahitan kain tersebut tapi ingat ya ini tentu mempunyai biaya jasa dari si penjahit.
nah kamu masih penasaran ni lalu kamu berjalan terus ke dalam, maka kamu akan menemukan para penjual ikan kering dari bebagai jenis ikan, namum jika kamuingin membeli yang ciri khas Riau maka kamu haruss memilih Ikan salai, yakni ikan basah yang masih segar lalu dikeringkan dengan proses penyalaian (pengasapan). Ikan ini sangat populer sebagai oleh-oleh dari Riau, cocok untuk dijadiin oleh-oleh.
hahhaha namanya juga pasar ya, jika kamu mendekati daerah tangga maka kamu akan melihat para peracik bumbu yang ada di situ, mereka mengiling bumbu-bumbu itu tammpa bantuan mesin, hal ini menjadi ciri khas belanja di sini ya teman.

Lantai 1
Ketika kamu naik ke lantai 1 maka kamu akan di sambut dengan berbagai jenis bahan baju, Tas,kerak dan perlengkapan rumah, hehehe sampe perlengkapan rumah juga berjejer ya.
Toko pakaian di lantai 1 mencakup tas, sepatu wanita, perhiasan, baju khas melayu, dan aneka tenun songket. Harga bervariasi, sebagian besar berupa kain untuk baju khas melayu serta songket. Perhiasan disini dominan perak dan stainless steel dengan hiasan batu kristal, jadi tetap terlihat cantik meski bukan emas dan berlian.
Pasar bawah menyajikan berbagai cenderamata khas Pekanbaru, seperti gantungan kunci, miniatur, piring berukir, tempat pena, dll. Di lantai ini juga banyak toko yang menjual jajanan tradisional serta modern. Ada jajanan Riau, Malaysia, hingga Singapore.
Ingin mempercantik tempat tinggal dengan perlengkapan rumah tangga? Tersedia toko penjual keramik antik, taplak meja, bantal shabby renda, serta aneka bunga plastik warna-warni.
Lantai 2
Naik lagi ke atas kita sampai di lantai 2. Di lantai ini juga dijual kaos khas Pekanbaru yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.
Pakaian pria cukup lengkap di lantai ini. Tersedia dari mulai sepatu, tas, ikat pinggang, jeans, kemeja, dan lainnya. Untuk pakaian wanita, ada gaun pesta, kaftan, baju sehari-hari, sampai pakaian dalam. Ada juga kumpulan toko yang menjual perlengkapan haji, lengkap dari mulai busana ihram, sarung, mukena, sajadah, dan peci.
Lantai 3
Naik ke lantai 3, disana hanya ada satu toko yang buka di dekat tangga. Yang lainnya sudah tutup. Tetapi jangan lewatkan untuk naik ke sini karena ternyata terdapat penjual pakaian bekas. Kalau beruntung bisa menemukan barang bermerk dengan harga miring.
Bagi kamu yang beragama muslin di  lantai ini tersedia musholla untuk kamu menunaikan ibadah kamu.

 4.Perpustakaan Soeman H.S


Objek Wisata Pekanbaru
Sumber gambar: Riau Berbagi
Layaknya sebuah pusat perbelanjaan modern, perpustakaan Soeman H.S dapat dikatakan sebagai perpustakaan termegah yang ada di Pekanbaru saat ini. Keindahan dari perpustakaan ini tidak hanya dinilai dari bentuk bangunan gedung yang seperti buku sedang dibuka dan seperti di baca oleh langit di atasnya, namun juga karena fasilitas yang ditawarkan oleh perpustakaan ini sangat lengkap, yaitu WiFi, buku-buku edisi baru, komputer, ruangan ber-AC, dan lain-lain.selain itu pemandangan dari lantai atas perpustakaan ini dapat melihat bentangan rumah yang ada di pekanbaru lo jadi dapat memanjakan mata kamu yang sedang beristirahat ketika membaca buku, Sehingga tak heran tempat ini kerap dijadikan tujuan wisata ketika kamu berada di kota Pekanbaru. Lokasi perpustakaan ini berada di jalan jendral sudirman jika kamu ingin berkunjung maka kamu dapat datang pada jam 08.00-17.00 wib dan masuknya gratis
 5.Taman Wisata Alam Mayang
Hasil gambar untuk alam mayang

Menjunjung konsep yang dekat dengan alam, Taman Wisata Alam Mayang adalah tujuan wisata Pekanbaru yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga di akhir pekan. Banyak kegiatan yang ditawarkan di wisata alam mayang ini, mulai dari tempat memancing, outbond, area mandi bola, tempat bermain anak-anak, dan lain lain. sehingga banyak kegiatan yang dapat kalian lakukan untuk bersantai dengan keluarga. jika kamu berlibur di pekanbaru jangan lupa mampir di sini. Lokasi berada di Jl. H. Iman munandar jam. jam buka taman ini pada 07.00-18.00 setiap harinya. Untuk masuk kesini anda akan dikenai biaya tiket sekitar 20.000 ribu

6. Kebun Binatang Sang Kulim

Nah bagi anda yang menyukai hewan Pekanbaru juga menyediakan wisata Kebun binatang. Bukankah akan selalu menjadi pilihan tempat wisata yang tepat untuk mengajarkan anak-anak mengenal binatang yang ada di bumi ini. Tak hanya ada berbagai macam binatang lo, tempat wisata keluarga di Pekanbaru satu ini juga menyediakan area bermain untuk anak-anak seperti ayunan, kolam renang anak, dan papan seluncur sehingga anak-anak akan merasa nyaman berada di Kebun Binatang Sang Kulim.lokasi luar kota pekanbaru namum saya masuki karena jarak tempuh ke sana dari pekanbaru tidak terlalu jauh ya, Lokasi Jl kubang raya. kabupaten kampar jam operasi 08.00-18.00 setiap hari. Tiket untuk Dewasa 20.000 ribu sedangkan anak-anak 10.000ribu

7.Desa Wisata Okura

Memiliki kawasan agrowisata, Desa Wisata Okura atau kelurahan Okura ini menjadi salah satu tempat wisata Pekanbaru favorit wisatawan. Selain kawasan agrowisata, Desa Wisata Okura juga dilewati aliran Sungai Siak yang dapat digunakan untuk memancing oleh para pengunjung. Lokasi Jl. raja panjang. kabupaten rumbai pesisir

8.Riau Fantasi


Tempat wisata di Pekanbaru
enjadi taman rekreasi terbesar di Sumatera saat ini, Riau Fantasi berdiri di lahan seluas 6,5 hektar lo. Hal yang menjadikan Riau Fantasi tempat wisata Pekanbaru yang tergolong memiliki keunikan karena dipisahkan antara wahana basah dan wahana kering. Di wahana basah terdapat beberapa jenis kolam yang ada, sedangkan di wahana kering ada bermacam-macam wahana yang menguji adrenalin seperti kora-kora, wave blaster, dan lain lain. Lokasi Jl. labersa pekanbaru jam operasional pada 09.00-18.00 setiap harinya . harga tiket masuk 60.000 ribu(senin-jum'at) 70.000 ribu (sab'ti,minggu)
9.Rumah Singgah Tuan Kadi

Tempat Wisata di Pekanbaru
enjadi salah satu peninggalan sejarah milik Sultan Kerajaan Siak Sri Indrapura, Rumah Singgah Tuan Kadi terkenal sebagai tempat wisata sejarah Pekanbaru. Tempat wisata sejarah ini menjadi ramai juga dikarenakan faktor tempat yang berdekatan dengan Sungai Siak. Lokasi Kecamatan Kampung pekanbaru. jam operasional 09.00-17.00 

10.Masjid Senapelan



Objek Wisata Religi Pekanbaru
ikenal dengan nama Masjid Raya Pekanbaru, Masjid Senapelan merupakan peninggalan kesultanan Siak yang menjelma menjadi destinasi wisata Religi di Pekanbaru Riau. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Riau dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi Jl. Senapelan No.128, pekanbaru

11.Dekranasda

Memiliki nama panjang Dewan Kerajinan Nasional Daerah, tempat wisata Pekanbaru ini menawarkan banyak macam souvenir khas Pekanbaru. Tak seperti Pasar Bawah yang rata-rata menyediakan barang dari luar negeri, souvenir yang ditawarkan Dekranasda lebih bervariatif namun tetap mengusung sisi khas Indonesia seperti kain songket, batik, tenun, dan berbagai macam kerajinan tangan berbahan dasar kayu khas Melayu. Lokasi Jl. Sisingamangaraja pekanbaru jam operasional 08.00-16.00 WIB (Senin-Jumat)

12.Agrowisata Tenayan Raya

Belum pernah mencoba memetik buah langsung dari asalnya? Jika belum, Agrowisata Tenayan Raya cocok masuk daftar wisata Pekanbaru yang wajib kamu singgahi.
Di tempat wisata Pekanbaru yang memiliki konsep agro-edukasi ini, para pengunjung dapat menikmati beberapa kegiatan seperti bercocok tanam, menangkap ikan, memanen sayuran, memetik buah, dan juga tersedia fasilitas outbond. Lokasi Jl. Kadiran, Kulim, pekanbaru. jam operasional 08.00-18.00 WIB .Tiket Rp 5.000,00 (Senin-Jumat), Rp 7.500,00 (Sabtu-Minggu)

13.Museum Sang Nila Utama


Wisata Museum di Pekanbaru
useum Sang Nila Utama adalah objek wisata di Pekanbaru yang bisa dikunjungi untuk memperdalam pengetahuan mengenai ibukota Provinsi Riau ini.
Dengan mengunjungi Museum Sang Nila Utama, Toppers dapat melihat beberapa peninggalan bersejarah provinsi Riau seperti pakaian adatalat musik dari berbagai daerah di Riau, dan benda-benda kerajinan lainnya. Lokasi Jl. Jenderal Sudirman No.194, Pekanbaru. jam Operasional  08.00-17.00 WIB (Senin-Jumat)

14.Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Memiliki spesialisasi untuk melindungi flora yang beragam, Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim juga bertujuan untuk melestarikan fauna. Semua flora dan fauna yang ada di objek wisata alam kota Pekanbaru ini sangat bermacam-macam, mulai dari yang umum hingga berbagai spesies yang langka. lokasi Jl. Yos Sudarso

15. Anjungan Seni Idrus Tintin


Tempat Wisata di Kota Pekanbaru
erdiri megah di kompleks Bandar Serai Pekanbaru, anjungan Seni Idrus Tintin merupakan tempat yang sering dipakai untuk menampilkan pertunjukan seni. Para wisatawan dapat berfoto-foto atau hanya sekadar duduk santai menikmati keindahan arsitektur yang ditawarkan tempat wisata di kota Pekanbaru satu ini. Lokasi Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Pekanbaru, jam operasional  09.00-17.00

16. Taman Putri Kaca Mayang

Layaknya ruang terbuka hijau, Taman Putri Kaca Mayang memiliki perbedaan yang bisa membuat taman ini lebih menarik untuk dikunjungi daripada tempat lain. Selain memiliki jogging track, Taman Putri Kaca Mayang juga menyediakan area bermain untuk anak dan arena teater. Lokasi Jl. Jenderal Sudirman No.474

17. Balai Adat Melayu Riau


Pesona Wisata Provinsi Riau
rsitektur khas budaya Melayu Riau adalah salah satu faktor penting yang memancing para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Pekanbaru satu ini.
Tak hanya dimanfaatkan untuk background saat foto, bangunan Balai Adat Melayu Riau juga sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni adat Riau. Lokasi Jl. Pekanbaru Diponegoro 39, jam operasional. 09.00-17.00 WIB (Setiap Hari)

18. Taman Kota Pekanbaru

Para pengunjung biasanya memilih Taman Kota Pekanbaru yang asri dan teduh untuk menjauh sedikit dari keramaian kota. Tempat wisata kota Pekanbaru ini cocok untuk menyegarkan pikiran jika Toppers bosan mengunjungi tempat-tempat wisata yang mainstream di Pekanbaru. Loaksi Jl Jenderal Sudirman No. 13716. jam operasional 08.00-18.00 WIB (Setiap Hari)

19. Arboretum Universitas Riau


Objek Wisata di Provinsi Riau
aru mendengar kata ‘arboretum’? Arboretum adalah hutan sekunder, dan Arboretum Universitas Riau adalah salah satunya yang masih tersisa di Pekanbaru. Tak hanya digunakan sebagai tempat yang bertujuan untuk masalah penelitian dan pendidikan, tempat ini sekarang lebih sering digunakan kawanan muda untuk dijadikan spot foto terbaik. Lokasi  Jl. HR. Subantas Km. 12,5 

20. Trans Studio Mini Pekanbaru

Meskipun tak hanya berada di Pekanbaru, Trans Studio Mini masih menjadi salah satu pilihan wisata favorit Pekanbaru. Di tempat ini, Toppers bisa mencoba berbagai macam wahana yang telah disediakan, seperti bumper carskyrider, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lokasi  Jl. Soekarno – Hatta, Labuh Baru Tim. jam operasional 10.00-21.00 WIB


22. asia farm

 Hasil gambar untuk asia farm pekanbaru

Jika kamu pecinta game hay day di pekanbaru ada objeck wisata yang menambilkan hay day di dunia nyata lo dengan banyak pilihan fasilitas yang di sediakan asia farm menjadi salah satu wisata favorit di pekanbaru jadi kalian wajib untuk mampir kesini, jam operasional asia farm iyalah 09,00-18,00 dengan tiket masuk sekitar 35,000-50,000 ribu

22. Danau Buatan Khayangan



Tempat Wisata di Pekanbaru
tidak hanya berfungsi sebagai saluran irigasi, Danau Khayangan juga populer sebagai salah satu destinasi wisata di Pekanbaru. Di Danau Khayangan, pengunjung bisa mengelilingi danau dengan menggunakan sampan atau speedboat, dan para pengunjung juga dapat mendaki bukit di sekitar danau.

Nah apakah kalian sudah menentukan ni liburan mau kemana, jika kalian ingin pergi, di seleksi dulu  ya biar gak salah waktunya dan teratur.

0 comments:

Post a Comment