Friday 28 February 2020

Pembahasan Lengkap Tentang Sumatra



 hey hey hey kamu, nah sebelum kita membahas tentang liburan atau tentang tempat wisata bukannya kita harus tau pulau apa yang akan kita kunjungi, Hal ini akan meningkatkan pengetahuan anda tentang lokasi tujuan anda secara kasar jadi tidak terlalu gagal paham ya ketika orang lain membahasnya dengan kalian. Selai itu kalian juga paham dan tau ketika untuk memilih daerah mana saja nanti yang ingin kalian kunjungi nantinya.

Nah kali ini kita akan membahas pulau sumatra secaraukuran pulau sumatra adalah pulau ke 6 terbesar di dunia, di mana pulau ini memiliki luas wilayah sebesar 473.481 km² dan memliki penduduk jiwa sebayak 57.940.351 (sensus 2018). Banyak nama untuk pulau ini yang di berikan dari berbagai sejara yang telah di laluinya. Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa dalam bahasa sangsekerta berarti pulau emas kok bisa di sebut pulau emas ya hehe. Kemudian pada Prasasti Padang Roco tahun 1286 dipahatkan swarnnabhūmidan di bahasa sangsekerta lainnya artinya tanah emas.Selanjutnya dalam naskah Negarakertagama dari abad ke-14 juga kembali menyebut "Bumi Malayu" (Melayu) untuk pulau ini. Selanjutnya kita akan membahas ni asal muasal dari nama sumatra dari mana sih, kok bisa pulau yang penuh sejarah ini di manakan dengan nama sumatra.

Asal Muasal Nama Sumatra 

nama sumatra memiliki asal dari kerajaan samudra yag berada di pesisir timur aceh. Diawali dengan kunjungan seorang petualang asal maroko bernama Ibnu Batutah pada tahun 1345, dia menyebut kata Samudra menjadi Samatrah, dan kemudian menjadi Sumatra, setelah itu nama sumatra mulai di pakai oleh peta-peta portugis pada abad ke 16 untuk merujuk kepada pulai sumatra, sehingga nama sumara di kenal hingga saat ini.
Selain nama  pulau emas dn tanah emas ternyata sumatra juga sempat di kenal dengan nama Taprobana pada masa yunani kuno

Dalam kitab umat Yahudi, Melakim (Raja-raja), fasal 9, diterangkan bahwa Nabi Sulaiman a.s. raja Israil menerima 420 talenta emas dari Hiram, raja Tirus yang menjadi bawahan dia. Emas itu didapatkan dari negeri Ofir. Kitab Al-Qur’an, Surat Al-Anbiya’ 81, menerangkan bahwa kapal-kapal Nabi Sulaiman berlayar ke “tanah yang Kami berkati atasnya” (al-ardha l-lati barak-Na fiha).
Banyak ahli sejarah yang berpendapat bahwa negeri Ophir itu terletak di Sumatra (Gunung Ophir di Pasaman Barat, Sumatra Barat yang sekarang bernama Gunung Talamau?). Perlu dicatat, kota Tirus merupakan pusat pemasaran barang-barang dari Timur Jauh. Ptolemaios pun menulis Geographike Hyphegesis berdasarkan informasi dari seorang pedagang Tirus yang bernama Marinus. Dan banyak petualang Eropa pada abad ke-15 dan ke-16 mencari emas ke Sumatra dengan anggapan bahwa di sanalah letak negeri Ofir Nabi Sulaiman a.s.

Suku dan Penduduk

Jika di lihat secara umum suku yang menempati sumatra iyalah melayu dan terbagi di berbagai suku melayunya nanti, selain itu sumatra juga di tempat suku-suku besar selain melayu, jika kalian ingin berlibur ke daerah sumatra kalian harus memahami suku-suku dan adat istiadat suku di daerah terebut serta yang di bolehkan dan dilarang di daerah tersebut. berikut suku yang ada di sumatra
  • Melayu
  • Aceh
  • Batak
  • Minangkabau
  • Besemah
  • Rejang
  • Ogan
  • Komering
  • Lampung
selain tu penduduk di sumatra mayoritas islam dan bagi anda yang muslim tidak terlalu susah untuk mencari makanan halal. kecuali kalian mampir ke provinsi sumatra utara yang lebih mayoritas kristen  protestan. slain itu ada di sumatra ada juga mereka yang menganut agama buddha.

Ekonomi

pulau sumtra memiliki tigkat ekonomi yang tergolong baik, Hal ini juga di buktikan dari 5 provinsi yang terkya di indonesia 3 di antaranya iyalah dari sumtra yaitu
  • Provinsi Aceh
  •  Provinsi Riau
  • Provinsi sumatra selatan
selain tu daerah penghasilan alam yang ada sumatra telah saya masukin juga di sini antara lain.
  • Arun (Aceh), menghasilkan gas alam.
  • Pangkalan Brandan (Sumatra Utara), menghasilkan minyak bumi
  • Duri, Dumai, dan Bengkalis (Riau), menghasilkan minyak bumi.
  • Tanjung Enim (Sumatra Selatan), menghasilkan batu bara.
  • Lahat (Sumatra Selatan), menghasilkan batu bara.
  • Plaju dan Sungai Gerong (Sumatra Selatan), menghasilkan minyak bumi.
  • Tanjungpinang (Kepulauan Riau), menghasilkan bauksit.
  • Natuna dan Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau), menghasilkan minyak bumi dan gas alam.
  • Singkep (Kepulauan Riau), menghasilkan timah.
  • Karimun (Kepulauan Riau), menghasilkan granit.
  • Indarung (Sumatra Barat), menghasilkan semen.
  • Sawahlunto (Sumatra Barat), menghasilkan batubara.

Geografis

Pulau Sumatra terletak di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara. Di sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala, di timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Selat Sunda dan di sebelah barat dengan Samudra Hindia. Di sebelah timur pulau, banyak dijumpai rawa yang dialiri oleh sungai-sungai besar yang bermuara di sana, antara lain Asahan (Sumatra Utara), Sungai Siak (Riau), Kampar, Inderagiri (Sumatra Barat, Riau), Batang Hari (Sumatra Barat, Jambi), Musi, Ogan, Lematang, Komering (Sumatra Selatan), Way Sekampung, Way Tulangbawang, Way Seputih dan Way Mesuji (Lampung). Sementara beberapa sungai yang bermuara ke pesisir barat pulau Sumatra di antaranya Batang Tarusan (Sumatra Barat) dan Ketahun (Bengkulu).
Di bagian barat pulau, terbentang pegunungan Bukit Barisan yang membujur dari barat laut ke arah tenggara dengan panjang lebih kurang 1500 km. Sepanjang bukit barisan tersebut terdapat puluhan gunung, baik yang tidak aktif maupun gunung berapi yang masih aktif, seperti Geureudong (Aceh), Sinabung (Sumatra Utara), Marapi dan Talang (Sumatra Barat), Gunung Dempo (Sumatra Selatan), Gunung Kaba (Bengkulu), dan Kerinci (Sumatra Barat, Jambi). Di pulau Sumatra juga terdapat beberapa danau, di antaranya Danau Laut Tawar (Aceh), Danau Toba (Sumatra Utara), Danau Singkarak, Danau Maninjau, Danau Diatas, Danau Dibawah, Danau Talang (Sumatra Barat), Danau Kerinci (Jambi) dan Danau Ranau (Lampung dan Sumatra Selatan).

Provinsi di Sumatra 

nah karena kalian sudah baca ni sekilas tentang pulau yang akan kalian kunjungi saya akan membagikan ni daftar provinsi buat kamu selain dari penjelasan provinsi tersebut di dalam postingan selanjutnya akan ada link ni kotanya juga dan wisata yang di rekomendasikan dari provinsi tersebut 
  1. ACEH
  2. SUMATRA UTARA
  3. SUMATRA BARAT 
  4. RIAU (REKOMENDASI WISATA RIAU)
  5. KEPULAUAN RIAU
  6. JAMBI
  7. BENGKULU
  8. BANGKA BELITUNG
  9. SUMATRA SELATAN
  10. LAMPUNG 
nah kita akan membahas di postingan selanjutnya tentang provinsi dan kotanya ya. jangan lupa blognya saya di iuti heheh 



0 comments:

Post a Comment